Finishing Tanpa Ribet Pada Kursi Anak Menggunakan Chalk Paint

  • By Biovarnish - 17 September 2020 - 09:16:57

 

Finishing chalk paint memberikan kesan menarik dan berkarakter pada kursi anak. Prosesnya yang mudah dan cepat, cocok bagi Anda yang ingin melakukan DIY proyek.

Siapa sih yang menyangka bahwa teknik finishing semakin berkembang dan mempermudah pekerjaan Anda? Jika biasanya dilakukan dengan cara itu-itu saja, kini telah hadir cat kayu yang akan mempermudah proses finishing Anda. Chalk paint merupakan solusi paling tepat bagi Anda yang menginginkan proses finishing yang cepat dan tanpa ribet. Chalk paint berbeda dengan chalkboard paint yang biasa digunakan untuk melapisi papan untuk menulis. Chalk paint merupakan primer coat yang berfungsi khusus untuk menampilkan solid opaque dengan kesan matte tanpa harus melewati proses pengamplasan.

Tanpa pengamplasan? Apakah hasilnya benar-benar memuaskan? Chalk paint diformulasikan khusus untuk mendapatkan hasil senatural mungkin bahkan terkesan permukaan media yang dilapisinya seperti terlapis kapur. Nah, menariknya adalah ketika terdapat kesalahan dalam finishing, Anda tidak perlu menggunakan thinner untuk menghapusnya melainkan hanya menggunakan air. Ya, chalk paint merupakan primer coat yang terbuat dari bahan air dan latex sehingga cukup menggunakan air, cat dapat dihapuskan.



Meskipun chalk paint tersebut merupakan cat yang menggunakan air dan latex bukan berarti cat tersebut akan mudah mengelupas atau memudar. Justru chalk paint diformulasikan khusus dengan daya rekat yang sangat kuat maka dari itu cat tersebut tidak melalui proses pengamplasan. Proses pengamplasan adalah proses yang cukup memakan waktu dan tenaga. Bahkan apabila tidak dilakukan dengan benar akan menghasilkan permukaan yang kurang bagus.

Proses pengamplasan yang terlalu ringan akan cukup memakan waktu yang sangat banyak untuk mendapatkan hasil yang halus dan rapi. Sedangkan jika dilakukan secara keras akan membuat lapisan cat cepat memudar dan membuat kayu terlihat. Jika dilakukan secara berlebihan akan membuat permukaan kayu tergores. Tentu saja untuk melapisi cat kembali akan menghasilkan warna yang berbeda. Selama ini apakah Anda sering mengalami kendala selama pengamplasan? Jika iya, penggunaan chalk paint adalah pilihan yang tepat bagi Anda.

Namun, jika menginginkan hasil finishing solid opaque yang halus maka tidak masalah jika melalui tahap pengamplasan. Jika menggunakan chalk paint, proses pengamplasan akan jauh lebih cepat dan mudah dilakukan. Hal tersebut akan menghemat tenaga dan waktu Anda terutama jika dilakukan sendiri.

Mengenal Chalk Paint Untuk Finishing Kursi Anak


Chalk paint untuk diy proyek mungkin sudah cukup familiar bagi penghobi kayu. Namun, bagi seorang yang masih awam dalam bidang finishing, chalk paint masih dirasa sangat asing. Teknik baru dalam finishing ini membuat berbagai kemudahan namun mendapatkan hasil finishing yang menakjubkan.

Chalk paint merupakan cat kayu yang diformulasikan untuk mendapatkan hasil kreasi yang unik dan berkarakter. Awal kali chalk paint muncul adalah tahun 1990 yang mana Anne Sloan merupakan pendiri dari cat tersebut. Latar belakang diciptakannya chalk paint adalah aplikator menginginkan hasil finishing yang cepat, tanpa persiapan yang panjang dan mudah untuk diaplikasikan. Karena cat kayu ini tidak terdapat pigmen warna hitam sehingga ketika dicampurkan dengan pigmen warna lain tidak membuat cat tersebut terlihat kusam.

Chalk paint memberikan sentuhan kapur pada permukaan kayu sehingga terkesan unik. Maka dari itu, populeritas chalk paint meningkat pesat karena kebutuhan finishing dengan gaya vintage, klasik mulai banyak diminati. Ya, biasanya chalk paint juga cocok jika diaplikasikan dengan teknik distress untuk mendapatkan kesan klasik pada furniture. Selain itu, chalk paint juga dapat diaplikasikan langsung tanpa harus menggunakan teknik distress untuk mendapatkan hasil solid opaque yang bagus.

Karena chalk paint merupakan cat kayu yang terbuat dari latex dan air sehingga sangat cocok jika digunakan untuk finishing furniture anak seperti kursi. Disisi lain, kursi anak yang sudah terlapisi oleh chalk paint tersebut tidak mengeluarkan bau cat yang menyengat sehingga akan membuat kursi kayu tersebut lebih nyaman digunakan.

Finishing Solid Opaque Pada Kursi Anak Menggunakan Chalk Paint


Chalk paint merupakan cat kayu yang populer dikalangan aplikator finishing seluruh mancanegara. Sayangnya, keberadaan chalk paint di Indonesia belum cukup banyak bahkan sangat sulit untuk dijumpai. Maka dari itu, bagi penghobi atau pengusaha mebeling akan merasa kesulitan jika terdapat permintaan hasil seperti chalk paint. Anda tidak perlu khawatir lagi karena kini telah hadir chalk paint lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan chalk paint dari luar negeri yakni BioDuco Chalk Paint.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dan aman untuk anak-anak, Anda dapat mengkreasikan chalk paint dengan cat lain atau poles kayu seperti wax. Untuk kebutuhan furniture anak-anak tentu saja Anda harus menggunakan cat kayu dengan warna yang disukai oleh buah hati, bukan? Nah, pada umumnya warna-warna yang fresh dan terang merupakan warna-warna yang disukai oleh anak-anak. BioDuco chalk paint merupakan primer coat water based yang diformulasikan dengan varian warna pastel yang indah. Anda dapat mengkombinasikan warna chalk paint untuk kursi buah hati Anda sehingga memberikan hasil finishing yang indah dan unik.

Persiapan yang harus Anda lakukan untuk menciptkan tampilan solid opaque pada kursi kayu anak Anda diantaranya adalah air, wadah (bisa menggunakan botol aqua bekas), kuas bulu nylon, kain katun bersih, chalk paint dan wax. Boleh kah jika menggunakan topcoat untuk akhir finishing? Tentu saja boleh terutama jika menginginkan hasil finishing yang berbeda karena pasalnya chalk paint menghasilkan tampilan matte.

Berikut tahap finishing untuk kursi anak menggunakan chalk paint:



  • Pastikan media yang digunakan siap untuk difinishing

  • Aplikasikan BioDuco Wood Putty ke seluruh permukaan kayu. Gunakan Wood Putty warna putih sehingga ketika diaplikasikan dengan chalk paint hasilnya terlihat cerah dan bersih

  • Larutkan BioDuco Chalk Paint dengan air yakni dengan perbandingan 2 bahan cat: 1 air lalu aduk hingga larutan homogen. Aplikasikan menggunakan kuas secara ringan ke permukaan kayu secara merata. Kemudian tunggu kurang lebih 1 jam dalam suhu ruangan. Jika sudah kering, amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 320

  • Aplikasikan BioDuco Topcoat matte/gloss. Sebelum diaplikasikan, larutkan terlebih dahulu menggunakan air secukupnya lalu aduk hingga homogen. Kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata.

  • Untuk mendapatkan hasil yang lebih halus, Anda dapat melakukan proses finishing tersebut kembali.

  • Jika lapisan cat tersebut sudah kering, aplikasikan Biopolish Beeswax pada permukaan kursi anak tersebut hingga benar-benar merata. Tujuan pengaplikasian wax ini adalah agar lebih aman digunakan anak-anak dan menjaga lapisan cat serta kayu lebih tahan lama.


Tahap finishing diatas sangat sederhana dan memakan waktu yang cepat. Hanya membutuhkan waktu sehari, kursi buah hati Anda sudah dapat Anda gunakan. Tidak perlu khawatir karena lapisan cat pada kursi tersebut tidak mengeluarkan bau cat yang menyengat.

Untuk mendapatkan BioDuco Chalk Paint dan berbagai produk finishing lainnya cukup mudah. Silahkan menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini atau Anda dapat melakukan pembelian langsung melalui marketplace di bukalapak dan tokopedia.

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Atau Anda dapat mengunjungi langsung kantor Bio Industries untuk pembelian produk atau konsulitasi tentang finishing, yakni untuk Yogyakarta terdapat di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. Di Cirebon terdapat di Jl. Escot No. 42 Rt 014/Rw 04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat atau Anda dapat mengunjungi Bio service di Jepara yakni di Jl. Raya Kudus Km.9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah.