Kreasikan Tampilan Rustic Pada Furniture Agar Terkesan Eksotis

  • By Biovarnish - 23 September 2020 - 12:59:49

 

Tampilan rustic biasanya terdapat pada furniture yang menggunakan material kayu yang berukuran besar. Namun, Anda juga dapat mengkreasikan furniture Anda dengan tampilan rustic meskipun tidak menggunakan kayu yang besar.

Furniture hingga saat ini selalu diminati oleh banyak orang. Tren furniture pun juga selalu berkembang seiring dengan minat dari masyarakat. Tampilan furniture pada umumnya menyesuaikan nuansa yang ingin diciptakan. Misalkan saja tampilan minimalis, pada umumnya menggunakan tampilan solid atau natural kayu sehingga memberikan kesan modern. Adapula yang menggunakan tampilan antik atau rustic untuk memberikan kesan furniture tersebut alami dan tradisional.

Semua tampilan tersebut dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan pada ruangan Anda. Salah satu tampilan furniture yang menarik perhatian kalangan masyarakat adalah tampilan rustic. Tampilan ini fokus pada lekukan serat pada kayu sehingga memberikan kesan timbul dan alami. Untuk memberikan kesan rustic tetap saja membutuhkan lapisan cat diatasnya sehingga mempertajam tampilan kayu yang ada.

Pada umumnya, tampilan rustic dibutuhkan pada furniture dengan ukuran yang besar sehingga adakalanya furniture tersebut diletakkan khusus untuk balkon, halaman depan, taman, rooftop dan spot yang cocok untuk furniture rustic. Cat yang bagus adalah cat yang mampu meningkatkan ketajaman kayu yang dilapisinya. Namun, adakalanya cat yang saat ini banyak digunakan justru hanya dapat bertahan beberapa saat saja.

Chalk Paint Untuk Finishing Furniture Rustic




Pernah kah Anda mendengat chalk paint? Bagi Anda yang belum familiar chalk paint pasti penasaran seperti apakah chalk paint tersebut. Chalk paint atau cat kapur merupakan cat yang muncul beberapa dekade ini guna memberikan kemudahan bagi aplikator saat proses finishing. Berbeda dengan cat kapur untuk papan tulis, chalk paint khusus digunakan untuk finishing furniture untuk memberikan kesan permukaan furniture layaknya kapur.

Tentu saja banyak yang masih bertanya-tanya, apakah cat kapur tersebut dapat tahan lama mengingat tampilannya yang menyerupai kapur? Tentu saja. Terlebih jika cat kapur tersebut dilapisi cat lagi diatasnya seperti topcoat atau bahkan Anda juga dapat melapisinya dengan wax kayu. Bahkan, cat tersebut diformulasikan dengan fitur daya rekat yang kuat sehingga tidak membutuhkan pengamplasan terlalu halus. Kelebihan ini lah yang membuat chalk paint tidak memperlukan persiapan yang banyak.

Chalk paint merupakan cat primer dengan pigmen warna solid sehingga Anda tidak perlu menimpa lagi cat solid diatasnya. Selain itu, chalk paint merupakan cat yang terbuat dari air dan latex sehingga lebih ramah lingkungan. Karena penggunaan latex artinya cat tersebut akan dengan mudah dihapus menggunakan air tanpa harus menggunakan thinner. Meskipun demikian, ketahanan cat tersebut sangat baik

Chalk paint justru memberikan tampilan furniture lebih berkarakter dan unik. Maka dairi itu, penggunaan chalk paint akan lebih menarik jika diaplikasikan dengan kuas berbulu nylon yang halus. Dengan karakternya yang mudah diaplikasikan, tanpa memerlukan persiapan yang banyak tentu dengan hasil finishing yang menakjubka maka sangat cocok bagi Anda yang ingin berkreasi dengan warna-warna finishing furniture. Terlebih jika tampilan yang ingin Anda ciptakan adalah tampilan rustic pada furniture Anda.

Media Siap Finishing

Furniture yang siap finishing adalah material kayu yang bagus untuk furniture yakni dengan tingkat kekeringan MC <15% dan bersih dari berbagai noda kotoran sehingga saat akhir finishing tidak berpengaruh pada warna.

Gunakan Sikat Kawat

Untuk menciptakan rustic pada furniture maka Anda bisa menggunakan alat rustic atau sikat kawat untuk memberikan sentuhan serat yang timbul. Ini lah titik point pada tampilan rustic. Anda dapat mengaplikasikan sikat kawat searah serat kayu, berlawanan atau pun gerakan memutar.

Siapkan Kertas Amplas

Meskipun chalk paint tidak membutuhkan pengamplasan yang terlalu halus namun pengamplasan ini memiliki tujuan yang tidak kalah penting selama finishing berlangsung. Sebab, dengan pengamplasan akan membuat permukaan antar coating mudah melekat secara optimal. Pada tahap ini, Anda bisa menyediakan kertas amplas no. 180 dan no. 320

Segala persiapan tersebut harus Anda perhatikan agar selama proses finishing tidak kelabakan mencari berbagai bahan yang harus digunakan.

Chalk Paint Produk Asli Indonesia


Chalk paint merupakan cat yang cukup sulit ditemukan di Indonesia. Bahkan hingga saat ini, Anda harus mendapatkan cat satu ini dengan mengimport dari luar negeri. Tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit terlebih jika permintaan finishing ini tidak sedikit. Inilah yang menjadi kendala bagi penghobi ataupun produsen mebeling untuk memperoduksi furniture dengan chalk paint. Terlebih Indonesia merupakan negara yang aktif memproduksi berbagai produk mebeling bahkan hingga dieksport ke berbagai negara di dunia.

Melihat peluang ini, tentu saja kebutuhan bahan finishing akan selalu digunakan. Maka dari itu, produsen cat lokal yakni Bio Industries kini hadir dengan produk-produk yang ramah lingkungan diantaranya adalah chalk paint. BioDuco Chalk Paint adalah salah satu produk asli Indonesia yang kualitasnya tidak kalah dengan merk dagang dari luar negeri. Dengan hadirnya di Indonesia, peluang Anda untuk finishing menggunakan chalk paint akan lebih mudah dan tidak harus mengeluarkan biaya yang sangat tinggi.

Kelebihan BioDuco Chalk Paint

Tidak Beracun

BioDuco Chalk Paint diformulasikan khusus menggunakan bahan-bahan yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi internasional yakni US EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA-Reach. Sehingga kandungan bahan kimia serta VOC pada cat sangat dibatasi agar aman digunakan dan tidak berbahaya bagi kesehatan ataupun lingkungan.

Warna Solid Dengan Daya Tutup Yang Baik

Chalk paint ini memiliki daya tutup yang sangat baik sehingga Anda dapat langsung mengaplikasikan Chalk Paint pada permukaan kayu terlebih jika menginginkan tampilan rustic. Anda dapat mengkreasikan karya finishing Anda menggunakan chalk paint

Daya Rekat Tinggi

Dengan daya rekat filmnya yang kuat membuat chalk paint lebih mudah diaplikasikan ke permukaan kayu. Selain itu, karena daya rekat filmnya yang kuat tersebut tanpa harus membutuhkan pengamplasan yang begitu halus

Keras tapi Juga Lentur

Keras yang dimaksudkan adalah ketika diaplikasikan maka chalk paint akan bekerja dengan optimal. Sedangkan lentur adalah cat tersebut fleksibel sehingga dapat menyesuikan kontur kayu apabila mengalami penyusutan atau pemuaian akibat cuaca.

Finishing Rustic Menggunakan Chalk Paint




Untuk menciptkana tampilan rustic menggunakan chalk paint maka ada beberapa produk finishing lainnya yang perlu Anda siapkan yakni BioDuco Topcoat dan Biovarnish Glaze warna Brown. Berikut tahap finishing untuk tampilan akhir rustic:

  • Ciptakan tampilan rustic menggunakan sikat kawat baik searah atau berlawanan serata ataupun dengan cara memutar hingga serat kayu tersebut terlihat lebih menonjol.

  • Amplas permukaan kayu yang sudah dirustic menggunakan kertas amplas no. 320

  • Larutkan BioDuco Chalk Paint dengan air yakni dengan perbandingan 2 chalk paint: 1 air lalu aduk hingga homogen. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu, Anda cukup menggunakan ujung kuas saja apabila menginginkan hasil yang tidak terlalu tebal. Setelah diaplikasikan, diamkan dalam suhu ruangan selama 1 jam.

  • Jika sudah terlihat kering, lakukan pengamplasan pertama menggunakan kertas amplas no. 180 kemudian dilanjutkan dengan pengamplasan dengan kertas amplas no. 320 yang lebih halus

  • Tutup coating dengan BioDuco Topcoat yang sebelumnya sudah dilarutkan dengan air. Tunggu hingga lapisan cat tersebut mengering

  • Untuk menciptakan kesan klasik pada tampilan rustic, aplikasikan Biovarnish Glaze warna Brown. Larutkan terlebih dahulu menggunakan air dengan perbandingan 1:1 lalu aduk hingga homogen. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu secara merata. Lalu diamkan selama 5 menit dan kemudian di lap menggunakan lap katun yang bersih

  • Untuk menutup coating sebelumnya, aplikasikan kembali BioDuco TopCoat.


Untuk dapat membeli produk-produk yang ramah lingkungan ini, Anda dapat menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Atau Anda dapat melakukan pembelian melalui marketplace di Tokopedia https://www.tokopedia.com/bioindustries.