Sudah Tahu Kelebihan Chalk Paint? Ini Alasan Anda Harus Mencobanya

  • By Biovarnish - 18 September 2020 - 16:32:16

 

Furniture yang cantik pasti menjadi pilihan banyak orang terlebih tampilannya yang estetik. Anda dapat ciptakan tampilan berbeda dengan Chalk Paint.

Tidak semua orang bisa melakukan finishing dengan cara yang mudah dan cepat begitu saja. Pasti melalui berbagai tahapan dan teknik finishing tertentu untuk sampai pada hasil yang menakjubkan. Begitu pula ketika menciptakan tampilan solid opaque. Anda membutuhkan berbagai tahapan mulai dari basecoat, maincoat hingga topcoat. Untuk hasil yang optimal maka Anda harus menggunakan metode finishing yang tepat.

Untuk metode finishing biasanya banyak dipilih oleh aplikator profesional karena diklaim lebih cepat dan hasilnya lebih halus. Namun, apabila Anda adalah seorang pemula maka disarankan menggunakan metode finishing kuas meskipun penggunaan spray gun lebih cepat. Kenapa harus menggunakan metode finishing kuas? Sebab, metode finishing ini paling umum dan mudah digunakan. Meskipun tergolong mudah dilakukan, metode kuas juga perlu dilakukan secara hati-hati agar tidak meninggalkan bekas kuas atau brush mark.

Namun, apabila Anda menggunakan chalk paint maka kekhawatiran akan brush mark atau sejenisnya tidak perlu dikhawatirkan lagi. Sebab, penggunaan chalk paint fokus pada hasil yang natural dan bahkan terkesan lebih matte. Penggunaan kuas justru memberikan artistik yang berbeda pada permukaan media finishing. Maka dari itu, banyak aplikator memilih untuk menggunakan chalk paint untuk mendapatkan hasil solid opaque yang matte pada furniture.

Apa sih sebenarnya chalk paint? Apa perbedaan cat solid pada umumnya dengan chalk paint? Pasti penasaran kan dengan jenis cat yang satu ini. Keberadaanya pun masih jarang dijumpai di pasaran di Indonesia. Anda yang ingin menggunakan chalk paint pada umumnya harus membeli dari luar negeri. Nah, lalu ada kah chalk paint yang benar-benar di produksi di Indonesia?

Mengenal Chalk Paint dan Kelebihannya




Chalk paint merupakan cat yang diciptakan pada tahun 1990. Cat tersebut diproduksi oleh Annie Sloarn sebagai pendiri perusahaan cat tersebut. Kemunculan chalk paint tersebut dilatar belakangi oleh proses finishing yang ingin lebih mudah dilakukan dan tidak membutuhkan persiapan yang banyak. Selain itu, selama ini belum terdapat cat kayu yang khusus menampilkan permukaan lapisannya tampak seperti lapisan kapur kecuali dengan chalk paint.

Formula chalk paint pada umumnya adalah air dan latex sehingga cat ini lebih lentur dan dapat merekat lebih kuat. Karena pembuatannya dari latex, chalk paint juga lebih mudah dihapus yakni cukup menggunakan air. Berbeda dengan cat kayu pada umumnya harus menggunakan thinner untuk menghapus cat dan bahkan ketika diaplikasikan kembali justru hasilnya tidak optimal. Sedangkan ketika Anda menggunakan chalk paint maka hasilnya akan tetap optimal ketika diaplikasikan kembali.

Adapun kelebihan-kelebihan chalk paint untuk finishing furniture dengan tampilan solid opaque yakni

Waktu Persiapan Yang Sedikit

Bisa dikatakan ketika Anda memutuskan untuk menciptakan tampilan solid opaque maka Anda membutuhkan persiapan yang banyak yakni mulai dari penggunaan primer coat hingga pengamplasan yang halus agar mendapatkan hasil yang optimal. Sedangkan jika menggunakan cjalk paint maka lebih cepat karena chalk paint merupakan primer coat yang memiliki pigmen sehingga hasilnya lebih cepat namun kerekatan lebih kuat. Selain itu, pengamplasannya pun ringan sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama dan menghabiskan banyak tenaga

Mudah Dikreasikan

Chalk paint merupakan cat yang fleksibel dan mudah diaplikasikan. Untuk menciptakan tampilan finishing maka Anda bisa menggunakan chalk paint sesuai dengan kreasi Anda. Anda dapat mengkombinasikan berbagai tampilan warna untuk hasil yang unik. Anda juga dapat menggunakan teknik distressing agar mendapatkan tampilan antik atau rustik. Karena penggunaannya yang mudah sehingga chalk paint banyak dipilih untuk finishing furniture antik.

Aman Digunakan

Karena bahan yang terkandung pada chalk paint adalah air dan latex sehingga cat tersebut lebih ramah lingkungan. Bahkan chalk paint juga menjadi pilihan untuk finishing pada furniture atau mainan anak-anak.

Tahan Lama

Seringkali orang merasa khawatir ketika memutuskan untuk menggunakan cat kapur atau chalk paint. Kekhawatiran tersebut adalah tidak atau tahan lamanya cat tersebut ketika sering digunakan. Justru chalk paint dapat bertahan lama terlabih jika menutup atau mengunci coating tersebut menggunakan topcoat. Pastikan topcoat yang digunakan adalah topcoat dengan bahan dasar air sehingga kualitas dan keamanan cat dapat bertahan dengan baik.

Cepat Kering

Tentu sudah tidak asing lagi dengan cat yang menggunakan bahan dasar air. Cat tersebut sangat dikenal dengan proses pengeringannya yang cepat seperti pada chalk paint. Cat kapur lebih cepat kering dibandingkan cat solvent pada umumnya. Bahkan Anda tidak perlu mengeringkan dibawah sinar matahari langsung.

Finishing Chalk Paint Warna Solid Opaque


Salah satu calk paint yang dapat Anda gunakan saat ini di Indonesia tanpa harus membelinya dari luar negeri adalah BioDuco Chalk Paint. Chalk paint ini adalah cat kapur yang diproduksi oleh perusahaan cat lokal Bio Industries. Kebutuhan chalk paint oleh berbagai kalangan membuat chalk paint banyak diminati. Seperti yang diketahui, chalk paint masih sulit ditemukan di Indonesia dan harus membeli merk luar negeri. Tentu saja akan memakan banyak biaya terlebih kebutuhan yang banyak dilihat dari peminatnya yang naik cukup signifikan.

BioDuco Chalk Paint menjadi solusi bagi Anda yang ingin menggunakan cat kapur dengan harga yang terjangkau namun menghasilkan kualitas yang tidak kalah dengan chalk paint dari merk luar negeri. Untuk tahap finishing, bisa menggunakan berbagai teknik tergantung hasil finishing yang digunakan. Namun, secara dasar penggunaan chalk paint maka perhatikan langkah-langkah dibawah ini:



  • Aplikasikan BioDuco Wood Putty


Larutkan terlebih dahulu menggunakan air lalu aplikasikan ke seluruh permukaan kayu terutama bagin kayu yang berlubang.

  • Aplikasikan BioDuco Chalk Paint


Penggunaan chalk paint pada umumnya sama saja dengan cat yang lainnya. Sebelum diaplikasikan, larutkan terlebih dahulu BioDuco Chalk Paint dengan air yakni dengan takaran 2 bahan cat : 1 air lalu aduk larutan tersebut hingga homogen. Kuaskan ke permukaan kayu hingga merata, Anda tidak perlu menyesuaikan serat ketika diaplikasikan karena chalk paint tidak membutuhkan hasil yang sempurna. Kemudian diamkan dalam suhu ruangan yang bersih kurang lebih selama 1 jam. Setelah kering, amplas halur menggunakan grit amplas no. 400

  • Aplikasikan BioDuco TopCoat Matte/Gloss


Untuk mengunci coating maka aplikasikan BioDuco Topcoat. Larutkan terlebih dahulu BioDuco Topoat dengan air lalu aduk hingga larutan homogen. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu lalu diamkan selama 24 jam.

Untuk mainan anak-anak, Anda dapat mengaplikasikan wax atau lilin lebah ke permukaan mainan kayu yang sudah terlapisi cat tersebut. Wax yang dapat Anda gunakan adalah Biopolish Beeswax yang benar-benar alami dari lilin lebah. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu tersebut. Jika pada dasarnya mainan kayu yang sudah terlapisi cat dengan tampilan matte maka ketika diaplikasikan wax akan terlihat sedikit mengkilap.

Untuk mendapatkan berbagai produk ramah lingkungan diatas mulai dari BioDuco Chalk paint, BioDuco Topcoat, BioDuco Wood Putty dan Biopolish Beeswax, silahkan melakukan pemesanan langsung dengan menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website. Atau Anda dapat melakukan pembelian melalui marketplace di Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries atau Bukapalak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased.

Dari penjelasan diatas, sudah tahu bukan alasan kenapa Anda harus mencoba finishinng menggunakan chalk paint? Hasilnya yang natural membuat tampilan furniture semakin estetik.