Tips Menciptakan Furniture Warna Antik Menggunakan Chalk Paint

  • By Biovarnish - 16 September 2020 - 15:45:09

 

Chalk paint menjadi salah satu produk finishing yang kini sedang tren dikalangan aplikator finishing furniture interior. Karena hasilnya menakjubkan dan bahkan untuk finishing mainan anak-anak sekalipun.

Apa yang Anda pikirkan ketika membahas tentang furniture interior? Tentu saja tampilannya yang menarik dan eye-catching. Tampilan furniture pasti tidak terlepas dari polesan cat sehingga hasilnya akan lebih tajam dan estetik. Salah satu cat kayu yang saat ini dikenal dikalangan aplikator finishing furniture interior. Cat kayu tersebut merupakan cat kayu primer untuk memperhalus permukaan kayu agar lebih halus dan menarik tampilan. Chalk paint sendiri merupakan cat kayu untuk finishing solid opaque.



Chalk paint merupakan cat kayu yang memberikan kesan permukaan kayu seperti terlapisi kapur. Nah, apakah berbeda dengan chalkboard paint dan chalk paint? Tentu saja berbeda. Chalk paint digunakan untuk kebutuhan finishing furniture interior yang tidak dapat digunakan untuk menulis kapus diatasnya. Sedangkan chalkboard paint digunakan sengaja untuk mewarnai board atau papan agar dapat digunakan untuk menulis. Nah, chalk paint ini hadir berdasarkan penggunaannya cat kayu yang akan selalu dibutuhkan namun tetap sederhana ketika diaplikasikan. Menariknya dari chalk paint adalah cat kayu tersebut dapat Anda hapur kapan saja ketika Anda melakukan kesalahan finishing. Bukan menggunakan thinner atau pelarut organik sebagi penghapurnya melainkan hanya cukup menggunakan air.

Tampilan chalk paint ketika diaplikasikan ke permukaan kayu akan memberikan kesan warna solid opaque yang tebal dan menarik. Pada umumnya, chalk paint digunakan untuk finishing pada mainan anak-anak sehingga tampilannya lebih menarik dan disukai anak-anak. Namun, adakalanya chalk paint juga digunakan untuk finishing tampilan antik seperti wash finish.

Sayangnya, di Indonesia cukup sulit untuk mendapatkan chalk paint. Beberapa tahun lalu untuk menciptakan tampilan kapur pada permukaan furniture kayu cukup sulit karena chalk paint masih sulit dijumpai di Indonesia. Namun, saat ini Anda tidak perlu khawatir karena chalk paint telah tersedia di pasaran Indonesia dan tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

Finishing warna Antik Menggunakan Chalk Paint Ramah Lingkungan


Untuk menciptakan tampilan antik biasanya Anda harus menggunakan cat duco, bukan? Namun, cat duco ini cukup ribet bagi Anda yang sedang belajar finishing dan pada umumnya terdiri dari berbagai tampilan. Nah, bagi Anda yang menginginkan tampilan antik dengan khas matte maka Anda dapat menggunakan chalk paint. Chalk paint untuk menghasilkan warna antik membutuhkan beberapa tahapan finishing sehingga Anda harus mempersiapkan beberapa produk finishing. Chalk paint yang dapat Anda gunakan dan pastinya dengan harga yang lebih terjangkau adalah BioDuco Chalk Paint.

Untuk tahapan finishing antik menggunakan chalk paint, m aka perhatikan langkah-langkah dibawah ini:



  • Pastikan media finishing tersebut sudah siap untuk difinishing. Sebaiknya gunakan media finishing dengan tingkat kekeringan MC <15% dan sudah diamplas agar bersih dari noda kotoran dan meratakan permukaan kayu

  • Larutkan Chalk Paint menggunakan air secukupnya hingga mendapatkan larutan yang tepat ketika diaplikasikan. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga merata dan searah serat kayu.

  • Diamkan dalam suhu ruangan selama 60 menit. Pastikan ruangan tersebut kering dan tidak terlalu lembab sehingga mendapatkan kekeringan yang pas

  • Setelah kering, amplas menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 320

  • Larutkan BioDuco Topcoat matte/gloss dengan air secukupnya lalu aduk hingga larutan tersebut homogen.

  • Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu dengan cara kuas atau semprot.

  • Aplikasikan Biovarnish Glaze warna brown yang sebelumnya sudah dilarutkan menggunakan air dengan takaran 1: 1. Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu dan diamkan selama 5 menit. Apabila sudah 5 menit kemudian lap permukaan kayu tersebut menggunakan kain bersih

  • Aplikasikan BioDuco Topcoat matte atau gloss kembali untuk finishing akhir.


Tahap finishing diatas hanya cukup dikeringkan dalam suhu ruangan saja agar hasilnya bagus. Tidak perlu dikeringkan dibawah sinar matahari karena cat water based cukup dikeringkan dalam suhu ruangan dan cepat kering. Meskipun dikeringkan dibawah sinar matahari lebih cepat justru hasilnya tidak sebagus ketika dikeringkan di suhu ruangan.

Nah, ketika selesai di finishing, media finishing tersebut dapat digunakan langsung. Maka dari itu, cat ramah lingkungan ini juga aman digunakan untuk mainan anak-anak. Sebab, BioDuco Chalk Paint menggunakan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan regulasi internasional ECHA-Reach Regulation dan Enviromental Protection Agency (US EPA) Regulation. Sehingga kandungan bahan cat dan VOC pada cat tersebut sudah dipastikan aman bagi kesehatan ataupun lingkungan.

Kelebihan Dari BioDuco Chalk Paint


Dalam memilih cat tentu saja memperhitungkan berbagai hal diantaranya adalah keunggulan yang dimiliki oleh cat tersebut. Kadangkala orang salah memilih cat ketika menyadari saat proses finishing berlangsung maka dari itu kenali terlebih dahulu cat kayu yang akan Anda pilih sebelum memutuskan untuk membeli. Begitu pula ketika memilih chalk paint, adapun beberapa kelebihan BioDuco Chalk Paint untuk finishing kayu sebagai berikut:

  1. Tidak Membutuhkan Persiapan Yang Banyak. Jika Anda memilih proses finishing yang sederhana dan tidak membutuhkan banyak persiapan maka Anda dapat menggunakan chalk paint. Terlebih karena tampilannya yang bukan gloss maka permukaan kayunya pun tidak harus terlalu halus. Dengan menggunakan chalk paint maka Anda tidak butuh primer coat dan pengamplasan yang terlalu halus.

  2. Bahan yang Ramah Lingkungan. Nah, Chalk paint menjadi alternatif bagi Anda yang sedang menghindari penggunaan cat kayu solvent based. Apapun merk chalk paint yang Anda pilih, cat tersebut pada umumnya menggunakan bahan dasar air dan latex.

  3. Motode pengecatan Bisa Dilakukan Dengan Cara Semprot ataupun Kuas. Untuk mendapatkan kesan yang unik, penggunaan kuas menjadi salah satu alternatif yang paling tepat. Namun, apabila terdapat bagian-bagian yang sulit dijangkau maka Anda dapat menggunakan alat semprot sebagai alternatif paling cocok.

  4. Cepat Kering. Seperti yang sudah dijelaskan dalam tahap finishing diatas. Chalk paint juga lebih cepat kering sehingga lebih efisien waktu. Cocok untuk finishing disaat musim penghujan yang notabene minim sinar matahari yang seperti dibutuhkan cat solvent based.

  5. Tidak Terpaku Hasil Yang Optimal. Untuk hasil finishing chalk paint biasanya hanya memberikan kesan permukaan matte dan terlihat antik. Sehingga chalk paint sangat cocok untuk finishing antik atau rustic.


Untuk mendapatkan BioDuco Chalk Paint sangat mudah, Anda dapat menghubungi kontak hotline untuk pemesanan chalk paint atau produk finishing yang dibutuhkan lainnya. Untuk lebih mudah, Anda dapat melakukan pembelian di berbagai marketplace yakni

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Atau Anda konsultasi finishing di beberapa service poin Bioidnustries yakni

Bio Center Yogyakarta

Jl Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta

Phone/Fax : +62 274 388301

Bio Service Jepara

Jl. Raya Kudus Km.9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah

Phone/Fax: +62 291 598992

Bio Service Bogor

Jl. Escot No. 42 Rt.014/Rw 014, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat

Phone/Fax: +62 231 320759