4 Teknik Menghaluskan Tekstur saat Refinishing Ranjang Susun Kayu

  • By Biovarnish - 15 Juni 2020 - 19:26:21

 

Hasil tampilan harus dipikirkan setelah Anda selesai membuat ranjang susun dari kayu sendiri. Jika ingin menjadi DIY di bidang perkayuan, finishing seringkali menjadi hal yang tersulit. Mengapa? Karena hasil warna seringkali tidak memuaskan. Warna bisa saja tidak sesuai ekspektasi. Salah finishing juga bisa membuat tekstur permukaan ranjang menjadi kasar.

Mendapatkan tekstur halus pada ranjang susun yang telah dibuat pasti menjadi tujuan utama yang banyak dipilih. Permukaan yang halus pada ranjang kayu tidak menimbulkan potensi cedera pada penggunanya. Tentunya Anda tak ingin setelah bangun tidur terkena potongan kayu yang masih kasar.

Berbeda dengan material ranjang lain, kayu adalah jenis bahan yang paling mudah di amplas. Anda bisa mengamplasnya dengan mesin atau manual untuk mendapatkan permukaan kayu yang halus. Ditambah lagi, dilakukan pemilihan cat yang tepat.

Cat berperan penting setelah pengamplasan yang akan menentukan halus tidaknya permukaan ranjang susun di rumah. Untuk iyu pilihlah cat yang berkualitas bangun serta ramah lingkungan. Apakah produk yang sebaiknya digunakan dan apa teknik yang bisa dilakukan? Mari belajar semuanya disini.

Produk yang digunakan untuk Menghaluskan Tekstur Kayu


Pertama-tama pilihlah produk cat sebelum memulai. Pemilihan bisa saja berlangsung lama jika Anda ingin mendapatkan hasil paling sempurna. Karena beberapa DIY akan membandingkan satu produk dengan yang lainnya. Tapi kini Anda tidak perlu lama memilihnya, karena bisa menggunakan Biovarnish yang berfungsi untuk menghaluskan permukaan kayu.

Biovarnish dapat digunakan untuk dua jenis finishing, yaitu close pore dimana menggunakan wood filler sebagai base coat. Kedua adalah finishing open pore dimana menggunakan sanding sealer sebagai base coat, namun hasilnya tidak sehalus dengan finishing close pore.

Oleh karena itu, pemilihan finishing close pore dengan Biovarnish diperlukan. Jika menggunakan Biovarnish secara lengkap, ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan selain tekstur halus sebagai berikut ini:

  1. Proses aplikasi mudah, bisa menggunakan kuas atau spray sesuai kemampuan.

  2. Tak perlu waktu lama untuk mengaplikasikan, karena setiap lapisan cat mengering dengan cepat bahkan tanpa dijemur.

  3. Hasil warna lebih tajam dengan kehadiran liquid stain yang memiliki 20 pilihan warna natural kayu.

  4. Cat berpelarut air, yang tidak menimbulkan bau menyengat sehingga terbebas dari polusi udara dalam tahapan pengeringan dan aplikasi.

  5. memiliki daya sebar yang luas dan daya tutup terbaik sehingga kelembaban atau air, bahkan mikroba lainnya tak akan menyerap ke dalam pori kayu.


Perlindungan yang diberikan oleh Biovarnish series pada permukaan tempat tidur susun dari kayu akan didapatkan secara maksimal. Cat yang sudah dilengkapi dengan pengawet kayu juga akan menghindarkan kerusakan akibat jamur serta rayap.

Belajar Teknik Menghaluskan Tekstur Pada Kayu


Setelah mendapatkan produk yang tepat, saatnya bagi Anda untuk mempelajari teknik menghaluskan tekstur pada kayu. Bagi DIY, cara yang paling mudah adalah menggunakan kuas. Kuas telah menjadi alat yang paling mudah ditemukan serta murah harganya. Anda tak perlu mencari alat ini ke tempat yang jauh.

Selain itu, teknik menghaluskan dengan kuas akan lebih cepat dipelajari daripada menggunakan spray gun. Tak perlu mengatur tekanan angin, jarak hingga mengatasi saging. Ada beberapa teknik secara keseluruhan untuk menghasilkan permukaan kayu yang halus sebagai berikut.

Teknik 1. Mengaplikasikan empat produk Biovarnish


Karena menggunakan Biovarnish Anda harus mengaplikasikan empat jenis produk yang harus berurutan. Pertama adalah wood filler, kemudian liquid stain, ketiga sanding sealer dan terakhir clear coat. Pada dasarnya setiap lapisan memiliki fungsi yang berbeda. Wood filler berfungsi untuk menutup pori, liquid stain memberikan warna, sanding sealer memperkuat lapisan coating dan clear coat membentuk lapisan film.

Tidak menggunakan salah satu produk akan berakibat pada tekstur yang masih kasar disertai warna yang kurang tajam dan justru terlalu pucat. Jika Anda ingin mendapatkan hasil sempurna, manfaatkan keempat produk tersebut secara bertahap.

Teknik 2. Cara mengamplas permukaan tempat tidur susun


Setelah mengetahui lapisan apa saja yang dibutuhkan, Anda harus belajar bagaimana cara mengamplas. Alat apa saja yang digunakan, mengamplas adalah kegiatan persiapan dan mengecat yang sangat penting. Pertama adalah mengamplas sebagai persiapan. Tekniknya Anda harus menggunakan amplas kasar sesuai dengan tingkat kasar permukaan kayu. Semakin kasar, Anda bisa menghaluskannya dengan kertas amplas juga kasar.

Mulailah dengan amplas nomor 100 atau 150 dan berakhir pada amplas grit 220. Sebelum mengecat bersihkan dahulu dengan kain kering. Khusus untuk mengamplas permukaan kayu langsung, Anda bisa menggunakan hand sander atau belt sander supaya cepat selesai.

Pada setiap lapisan coating, Anda harus mengamplasnya dengan kertas yang lebih halus. Gunakan dengan amplas nomor 400 dan dilakukan secara ambang. Tak perlu alat atau mesin, karena pengamplasan harus dilakukan secara manual.

Teknik 3. Cara menggunakan kuas untuk mengecat halus


Anda juga harus mengetahui bagaimana menghaluskan lapisan coating menggunakan kuas sebelum mengering. Teknik ini sangat vital untuk menghindari brush mark, efek kulit jeruk, hingga cat yang mengelupas setelah kering. Karena akan menggunakan Biovarnish maka Anda harus memilih kuas dengan bulu nilon dan hindari kuas bulu alami.

Jika pemilihan kuas sudah tepat, lanjutkan dengan beberapa teknik berikut ini.

  1. Pegang kuas dengan ringan dan jangan terlalu kaku.

  2. Celupkan hanya ´┐Ż bagian bulu kuas saja dan ketuk pada wadah supaya tak terlalu banyak menyerap larutan cat dan menghasilkan coating tipis.

  3. Cara menguas dengan ditarik, buat sudut 45 derajat antara kuas dengan permukaan kayu.

  4. Hindari untuk menekan saat menarik sapuan kuas, lakukan hanya dalam satu kali sapuan panjang jangan bolak balik.

  5. Pada bagian ujung kayu cat biasanya akan menetes, segera ratakan tetesan cat sesuai dengan arah serta.


Setiap kali hendak menguaskan cat Anda harus memperhatikan terlebih dahulu kemana arah serat pada permukaan kayu. Karena akan menghasilkan warna natural, maka arah penguasan harus sama dengan serat kayu tempat tidur.

Teknik 4. Perhatikan cara mengaplikasikan wood filler


Tingkat kehalusan tergantung dengan bagaimana Anda mengaplikasikan wood filler yang akan menutup pori kayu dan cacat goresan. Khususnya pada jenis kayu berpori besar seperti pinus yang akan membutuhkan aplikasi wood filler secara teliti.

Supaya tidak salah, ikuti teknik aplikasinya berikut ini:

  1. Untuk cacat goresan, perlu campuran sedikit air pada wood filler supaya lebih meresap ke dalam pori kayu. Kemudian aplikasinya bisa dikuas atau diratakan dengan kain katun kering.

  2. Pada jenis cacat goresan yang tidak terlalu dalam, Anda bisa mengaplikasikannya dengan scrape. Tanpa harus melarutkannya dengan air, wood filler bisa ditekan untuk mengisi lubang cacat.

  3. Pada jenis cacat lubang yang cukup dalam, Anda harus menggunakan campuran serbuk kayu yang warnanya sama dengan tempat tidur. Serbuk juga sangat halus dan dicampur dengan wood filler tanpa tambahan air.