Atasi Furniture Kusam Karena Sinar Matahari Dengan Cat Kayu Ini

  • By Biovarnish - 23 Oktober 2019 - 14:30:00

 

Cuaca panas yang panjang tentu efeknya tidak hanya pada diri Anda saja melainkan juga berbagai tumbuhan, hewan dan benda di sekitar Anda. Panasnya terik matahari kadang kala membuat seseorang ingin berlindung di tempat yang teduh namun bagaimana dengan furniture Anda yang dikhususkan untuk bagian eksterior.

Meskipun furniture eksterior sudah dilapisi cat dengan teknologi tahan cuaca namun ada kalanya cat yang dilapisinya tersebut tidak bertahan lama. Masalah yang sering terjadi ketika cat tidak dapat melindungi furniture secara maksimal lagi adalah tampilannya yang mulai mengusam atau bahkan cat tersebut mengelupas. Jika furniture Anda berkedapan tampilan pada permukaannya sudah mengalami hal tersebut maka segera mungkin untuk melakukan pengecatan kembali. Sebab, cat yang sudah mengelupas atau memudar tampilannya maka daya proteksinya sudah tidak maksimal.

Furniture dengan cat yang mulai memudar dan terus menerus terpapar sinar matahari akibatnya adalah kayu mudah lapuk dan ketika sudah memasuki musim hujan maka kayu akan mudah lembab sehingga sangat mudah terserang jamur dan serangga perusak seperti rayap. Tentu hal ini tidak ingin terjadi pada furniture Anda, bukan? Maka, lakukan segera mungkin pengecatan agar kayu bisa terlindungi dengan baik dan tampilannya pun kembali seperti sedia kala.

Untuk melakukan pengecetan kembali, cat yang digunakan bukanlah cat khusus untuk pengecatan ulang melainkan sama dengan cat-cat pada umumnya. Sehingga Anda bisa membelinya di toko-toko cat terdekat dengan hunian Anda. Namun, akan jauh lebih baik untuk memilih cat dengan fitur yang lengkap sehingga kayu bisa terlindungi dengan maksimal dan tampilan tetap terlihat cemerlang.

Sebagai seorang yang masih awam dalam bidang finishing atau baru pertama kali melakukan refinishing tentu masih kaku saat melakukannya. Maka, saat memilih cat sebaiknya pilih cat dengan metode aplikasinya yang mudah seperti dioles atau dikuas. Nah, tips yang bisa Anda lakukan ketika menggunakan metode kuas agar tidak meninggalkan bekas kuas adalah dengan melapisi kain bersih. Sehingga hasilnya bisa merata dan tidak tampak seperti di cat ulang.

Cara Memilih Cat Yang Sesuai Untuk Refinishing Furniture Eksterior


Perlu diketahui bahwa cat yang digunakan melapisi furniture interior dan eksterior adalah cat yang berbeda. Sebab, tidak semua cat memiliki fitur dalam satu produk sekaligus melainkan dipisahkan yakni cat interior dan cat eksterior. Sehingga, apabila Anda menginginkan refinishing pada furniture eksterior Anda yang mulai mengusam maka gunakan cat eksterior karena cat ini biasanya dilengkapi dengan fitur weather resistance sehingga ketika terpapar sinar matahari maupun air hujan pun furniture tersebut dapat terlindungi dengan baik.

Untuk memudahkan proses finishing yang akan Anda lakukan, setelah mengenali kebutuhan finishing yakni interior maupun eksterior serta metode finishing yang digunakan maka kenali perihal lain mengenai cat yang harus Anda beli. Apa saja yang harus diketahui?

  • Teknik aplikasi cat


Jika Anda ingin lebih mudah melakukan pengecatan maka pilih cat yang ketika diaplikasikan dalam satu oles bisa menampilkan warna yang baik. Terlebih untuk tampilan natural kayu, maka pilih cat saat dioleskan sekali bisa menciptakan tampilan dengan transparansi yang baik dan tajam.

  • Fitur pada cat


Sangat penting untuk mengetahui fitur pada cat yang akan Anda beli. Karena, fitur ini akan menentukan hasil akhir finishing pada media finishing yang digunakan. Pada umumnya, akan jauh lebih mudah jika membawa sample kayu ke toko cat sehingga hasil finishing bisa terlihat. Namun, apabila dirasa tidak mungkin maka Anda bisa melihat fitur yang ditawarkan. Sebaiknya untuk memperhatikan daya rekat film cat serta transparansi warna catnya.

  • Bahan yang digunakan


Dalam dunia finishing, cat yang saat ini digunakan adalah cat dengan basis solvent dan cat berbasis air. Cat berbasis solvent pada umumnya menggunakan pelarut thinner atau spiritus. Sedangkan cat berbasis air adalah cat yang menggunakan pelarut air sehingga Anda tidak harus membeli spiritus atau pelarut organik sejenisnya.

Mengatasi Furniture Eksterior Yang Mulai Kusam


Saat ini, di berbagai negara telah menggerakkan program save eart sehingga produk-produk yang digunakan adalah produk yang ramah lingkungan. Sehingga produk tersebut tidak memberikan dampak buruk pada kesehatan dan lingkungan. Hubungan antara produk finishing dan produk yang ramah lingkungan adalah pada bahan yang digunakan. Tidak pas jika produk finishing yang ramah lingkungan menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya . Produk finishing yang biasanya menggunakan bahan kimia berbahaya adalah cat berbasis solvent.

Tidak masalah kah tetap menggunakan cat solvent based? Mungkin bagi Anda dampaknya tidak terlalu terlihat namun bagi kesehatan dan lingkungan sekitar Anda biasanya sangat dirasakan. Bahkan ketika seseorang menggunakan cat tersebut bisa merasakan langsung namun sebagian orang lebih mengabaikannya. Dampak jangka pendek yang sering dirasakan adalah bau yang menyengat hingga membuat orang pusing hingga sesak nafas atau bahkan mengalami iritasi ketika tersentuh kulit.

Cat yang ramah lingkungan adalah cat berbasis air karena cat ini tidak menggunakan bahan kimia berbahaya serta kandungan VOC-nya rendah. Salah satu cat berbasis air yang dapat Anda gunakan di Indonesia adalah Biovarnish. Cat ini juga cocok bagi Anda yang memiliki bisnis produk yang diekspor ke luar negeri. Karena Biovarnish merupakan cat yang terbuat dari water based acrylic yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional seperti US Enviromental Protection Agency dan Europe Chemical Agency Reach.

Nah, untuk mengatasi tampilan yang mengusam pada furniture eksterior Anda, Biovarnish menawarkan produk finishing dengan tampilan natural. Tidak perlu khawatir mengenai ketahananya sebab Biovarnish dilengkapi fitur daya rekat film yang kuat, tahan air dan tahan cuaca.

Berikut pengecatan ulang terhadap furniture yang mulai mengusam karena sering terpapar sinar matahari:

  • Amplas terlebih dahulu permukaan kayu untuk menghilangkan sisa bekas cat dan berbagai noda yang menempel. Apabila dirasa sudah bersih dan rata, bersihkan sisa partikel pengamplasan.

  • Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain. Anda bisa memilih warna dari 20 warna yang dimiliki Biovarnish. Apabila sudah memilih warna yang diinginkan, campur cat menggunakan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga cat tercampur dan tidak meninggalkan endapan. Lalu kuaskan atau semprot ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Cukup diamkan di tempat teduh, tidak perlu di keringkan di bawah sinar matahari karena hasilnya tidak akan maksimal. Cukup diamkan selama 60 menit lalu apabila sudah kering, amplas permukaan kayu dengan tekanan yang ringan.

  • Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Lalukan hal yang sama dengan tahapan diatas. Sanding Sealer ini bertujuan untuk menajamkan tampilan sehingga warna semakin terlihat maksimal.

  • Aplikasikan Biovarnish Clear Coat untuk mengunci warna serta menghasilkan tampilan kayu lebih optimal. Gunakan takaran yang sama saat dicampurkan air, kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Untuk kering sentuh, diamkan selama 30 menit. Dan misalkan tampilannya belum sesuai dengan yang diinginkan, Anda bisa mengaplikasikan ulang tahap ini. Dan apabila sudah menemukan tampilan yang diinginkan, diamkan furniture yang sudah dilapisi cat selama 24 jam.