Agar Meja Kayu Tidak Blocking Karena Air, Gunakan Cat Kayu Anti Air

  • By Biovarnish - 20 Mei 2020 - 04:25:52

 

Sebentar lagi umat muslim di dunia sudah memasuki hari lebaran. Setiap negar memiliki tradisi yang berbeda-beda, begitu pula dengan Indonesia. Masyarakat di Indonesia pada umumnya akan berkunjung ke sanak suadara dan makan bersama. Dan biasanya, makanan yang disajikan pun berkuah seperti opor. Selain itu, berbagai kudapan baik yang kering ataupun basah. Sehingga meja yang digunakan pun akan lebih rentan terkena cipratan atau tumpahan air.

Jika meja kayu tersebut tidak dilapisi dengan taplak anti air maka akan dengan mudah air menyerap sampai ke kayu. Jika dibiarkan begitu saja akan membuat tampilan meja kayu tersebut memudar dan cukup mengganggu bagi yang melihatnya. Sedangkan, apabila cat kayu memudar dikarenakan air akan sulit dihilangkan. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengecat ulang permukaan kayu tersebut. Jika hanya diaplikasikan poles kayu atau mengecat bagian yang memudar saja justru memperburuk penampilannya.

Warna tidak akan rata apabila hanya sekedar mengaplikasikan cat pada bagian meja kayu yang tampilannya memudar saja. Ya, Anda harus mengecat ulang secara kesulurah untuk hasil yang baik untuk meja kayu tersebut. Dengan mengecat ulang meja kayu tersebut akan meremajakan tampilannya dan bahkan bisa melindungi kayu dari berbagai kerusakan. Nah, untuk mengecat ulang meja tamu sebaiknya pilih cat kayu yang memiliki ketahanan terhadap air.

Selama ini, cat kayu berbahan solvent based justru tidak tahan terhadap air dalam jangka waktu yang lama. Karena pasalnya, ketika kayu tersebut tersentuh air tetap mengalami pemudaran warna. Sebaiknya untuk menggunakan cat kayu berbahan dasar air karena cat kayu tersebut justru akan melindungi meja kayu dari air secara maksimal. Cat kayu anti air terbaik menyambut lebaran ini akan memberikan kesan yang berkelas dan pastinya ruangan terasa lebih nyaman.

Refinishing dengan Cat Kayu Anti Air Terbaik Menyambut Lebaran


Biovarnish merupakan cat kayu yang terbuat dari water based acrylic yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US EPA dan ECHA Reach sehingga cat tersebut sangat membatasi kandungan bahan kimia dan VOC pada cat. Disisi lain, Biovarnish akan melindungi kayu secara optimal karena daya rekat filmnya yang kuat sehingga cat tidak akan mudah memudar atau mengelupas. Terlebih, cat kayu ini tidak akan mudah retak meskipun selalu terpapar sinar matahari ataupun air. Jadi, cat kayu ramah lingkungan ini tidak hanya untuk indoor saja melainkan juga untuk outdoor.

Agar refinishing pada meja kayu dilakukan dengan mudah namun menghasilkan tampilan yang optimal, lakukan tahapan refinishing dengan Biovarnish dibawah ini:

  1. Meja kayu yang akan dicat ulang sebaiknya diamplas terlebih dahulu hingga cat kayu lama benar-benar terangkat. Sehingga ketika diaplikasikan cat baru akan melekat dengan baik dan tampilannya pun sama rata.

  2. Samarkan cacat pada meja kayu menggunakan Biovarnish Wood Filler. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler yang sudah dilarutkan dengan air lalu aduk hingga homogen. Setelah itu, aplikasikan pada bagian yang cacat. Cukup diamkan saja di tempat yang teduh selama 20-30 menit lalu amplas hingga permukaan kayu sama rata.

  3. Tajamkan tampilan natural kayu dengan Biovarnish Liquid Stain. Larutkan air terlebih dahulu untuk menurunkan intensitas cat sekaligus mengencerkannya. Kemudian kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu. Diamkan di tempat teduh selama 60 menit lalu amplas ambang apabila sudah kering sentuh

  4. Gunakan Biovarnish Sanding Sealer untuk memperkuat coating sebelumnya. Lakukan langkah finishing seperti halnya pengaplikasian Biovarnish Liquid Stain.

  5. Gunakan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss dan BioCide SPF untuk mencegarh kayu serangan jamur . Campurkan terlebih dahulu air, Biovarnish Clear Coat dan Biovarnish SPF, sebaiknya gunakan BioCide SPF sedikit saja karena sudah cukup melindungi kayu dari jamur. Setelah tercampur dengan baik, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu dan pastikan aplikasikan searah serat kayu. Kemudian diamkan selama 24 jam atau semalaman hingga cat benar-benar kering.


Jika cat yang diaplikasikan pada permukaan meja kayu tersebut sudah kering maka meja tersebut sudah siap digunakan. Anda tidak perlu mengangin-anginkan di tempat yang terbuka seperti pada furniture baru pada umumnya melainkan bisa Anda langsung gunakan. Karena Biovarnish tidak menguap dan mengeluarkan bau yang menyengat.