Ciptakan Coffe Box Warna Yeelow Teak Dengan Finishing Cat Water Based

  • By Biovarnish - 27 Desember 2019 - 21:48:16

 

Beberapa tahun terakhir, coffe box banyak diminati oleh pengusaha milenial. Biasanya coffe box ini menjadi salah satu kebutuhan usaha waralaba sehingga pembuatan furniture ini pun semakin meningkat. Material coffe box pada umumnya adalah menggunakan kayu yakni kayu jati belanda. Kayu jati belanda merupakan kayu pinus yang notabene teksturnya hampir mirip dengan tekstur kayu jati yang halus dan rapi. Yang membedakan adalah kayu jati belanda memiliki lebih banyak mata kayu dan tidak tahan terhadap cuaca.

Kayu jati belanda merupakan jenis kayu lunak sehingga mudah dipotong dan dibentuk. Karena jenisnya kayu lunak membuat kayu ini tidak tahan dengan berbagai faktor kerusakan yang disebabkan oleh cuaca, serangga maupun jamur. Pada dasarnya kayu jati belanda memiliki lebih banyak kandungan material di dalamnya sehingga ketika akan digunakan sebagai furniture atau kerajinan kayu harus dikeringkan hingga mencapai MC 12%.

Apabila kayu jati belanda dalam kekeringan yang tepat maka sedikit kemungkinan mudah terserang jamur. Sebab, banyak kasus kayu jati belanda terserang jamur blue stain karena tidak segera dikeringkan. Seperti yang diketahui bahwa jamur blue stain merupakan jenis jamur yang cukup sulit untuk dihilangkan. Bahkan, terserangnya kayu oleh jamur blue stain sudah menjadi kasus klasik bagi kalangan pengusaha kayu.

Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga kayu jati belanda dalam keadaan stabil dan kering. Dengan demikian, kayu tersebut bisa digunakan kapanpun dan siap dibentuk menjadi berbagai furniture, perabotan maupun kerajinan kayu. Dan untuk coffe box, pada umumnya kayu jati belanda dibentuk menjadi papan-papan palet.

Untuk memberikan kesan palet kayu tampak lebih natural maka dibutuhkan cat untuk melapisi permukaan kayu palet tersebut. Ada berbagai warna cat yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan tampilan natural kayu. Salah satu warna cat yang bisa Anda gunakan sebagai coffe box adalah yellow teak. Tampilan cat ini condong kekuningan menyerupai warna kayu jati sehingga kayu jati belanda seperti menggunakan jenis kayu jati.

Cat kayu yang sering digunakan adalah jenis cat yang menggunakan pigmen atau juga disebut wood stain. Anda bisa mendapatkan jenis cat ini di toko-toko cat maupun bangunan dan biasanya terdapat tulisan ´┐ŻWood Stain´┐Ż dalam kemasannya. Nah, jenis cat kayu ini banyak dijumpai di toko-toko cat dan terdiri dari berbagai merk sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan yang diinginkan. Daripada salah pilih cat, sebaiknya mengenali fitur-fitur cat yang digunakan agar hasilnya tetap maksimal.

Salah memilih cat bisa menyebabkan tampilan tidak keluar dengan optimal. Untuk meminimalisir kejadian semacam ini, ada baiknya membawa papan kayu yang akan Anda gunakan. Sebab, tidak semua cat kayu akan menghasilkan warna yang bagus ketika diaplikasikan ke jenis kayu lainnya. Atau Anda bisa menanyakan langsung ke penjual karena biasanya penjual akan mengetahui cat kayu manakah yang tepat untuk menghasilan warna tertentu pada kayu jati belanda.

Memilih Cat Kayu Yang Tepat Untuk Finishing Natural Kayu Jati Belanda




Bagi Anda yang tidak terbiasa melakukan finishing pada kayu tentu cukup kesulitan ketika akan memilih cat. Padahal tidak semua cat akan menghasilkan tampilan yang bagus ketika akan diaplikasikan ke kayu yang Anda miliki. Maka dari itu, kenali terlebih dahulu karakter kayu dan fitur cat yang akan Anda gunakan sebagai produk finishing.

Jika menginginkan lebih amannya, Anda bisa menggunakan cat kayu dengan bahan dasar water based. Cat kayu ini lebih netral ketika diaplikasikan ke berbagai jenis kayu dan hasilnya pun tetap optimal. Sayangnya, cat kayu ini masih tergolong langka di Indonesia sehingga Anda harus mengenali cat kayu berbahan dasar air ketika akan membeli ke toko cat. Meskipun masih tergolong langka, cat kayu ini mengalami peningkatan daripada cat konvensional. Pasalnya, banyak buyer mancanegara lebih menggunakan cat berbahan dasar air. Bahkan di luar negeri, cat berbahan dasar air mulai mendominasi pasar.

Kenapa cat berbahan dasar air lebih diminati oleh buyer luar negeri? Buyer luar negeri sangat memperhatikan produk finishing yang digunakan pada furniture atau kerajinan kayu. Faktor yang sangat diperhatikan pada produk finishing tersebut adalah kandungan bahan dalam cat. Sebab, kebanyakan cat yang digunakan oleh pengrajin maupun pengusaha kayu di Indonesia selama ini adalah cat konvensional yang notabene mengandung bahan-bahan kimia berbahaya dan memiliki kandungan VOC yang sangat tinggi.

Namun jangan salah sangka, di Indonesia terdapat produsen cat kayu yang aman dan ramah lingkungan yakni Bioindustries. Produsen cat ini mengembangkan cat kayu dengan kandungan bahan yang aman dan tidak membahayakan kesehatan maupun lingkungan. Salah satu produk produsen asal Indonesia ini adalah Biovarnish yang khusus digunakan untuk finishing natural kayu.

Biovarnish menyediakan 20 varian warna yang siap Anda gunakan, salah satunya adalah yellow teak. Cat kayu ini aman digunakan karena kandungan bahan yang digunakan telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach sehingga kandungan bahan kimia dan VOC dalam cat sangat dibatasi. Karena kandungan bahan dalam cat yang aman bahkan juga aman digunakan untuk finishing pada furniture bayi, mainan anak-anak maupun furniture dapur yang selalu berinteraksi dengan makanan maupun minuman.

Apakah Biovarnish merupakan cat berbahan dasar air yang sulit diaplikasikan? Tidak. Justru Biovarnish sangat mudah diaplikasikan karena bisa menggunakan berbagai metode finishing diantaranya adalah semprot dan kuas. Selain itu, Biovarnish juga bisa diaplikasikan ke berbagai media finishing baik pada kayu solid, kayu olahan, rotan, bambu maupun serat alam lainnya yang sering digunakan untuk kerajinan. Meskipun bisa diaplikasikan ke media finishing apapun hasilnya akan tetap optimal karena Biovarnish memiliki fitur transparansi yang bagus dan warna yang tajam. Nah, jika Anda khawatir karena furniture yang digunakan untuk outdoor alias di luar ruangan maka Biovarnish tetap menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, Biovarnish dilengkapi fitur tahan air dan tahan cuaca sehingga bisa digunakan untuk furniture interior maupun eksterior seperti coffe box yang notabene sering digunakan di luar ruangan seperti pinggir jalan maupun dalam ruangan seperti dalam mall.

Untuk mendapatkan tampilan yellow teak, maka cat yang bisa Anda gunakan adalah Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat. Daripada penasaran, berikut beberapa langkah finishing untuk tampilan yellow teak pada kayu jati belanda:

  1. Amplas permukaan kayu jati belanda agar lebih halus dan bersih dari berbagai kotoran

  2. Gunakan Biovarnish Liquid Stain tampilan Yellow Teak. Campurkan air untuk menurunkan intensitas warnanya kemudian kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu. Diamkan di tempat yang teduh kemudian amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400 apabila sudah kering.

  3. Gunakan Sanding Sealer. Campurkan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga homogen. Lalu semprotkan ke seluruh permukaan kayu secara merata. Diamkan di tempat teduh selama 60 menit dan apabila sudah kering, amplas menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400.

  4. Gunakan Biovarnish Clear Coat untuk mengunci warna dan memberikan tampilan akhir (matte atau gloss). Campurkan air kemudian aduk hingga homogen. Kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu dan diamkan selama semalaman untuk hasil yang optimal.