Ketika Muncul Belang, Begini Cara Menyamakan Warna Kayu Laban

  • By Biovarnish - 25 April 2020 - 17:55:22

 

Furniture yang diletakkan di luar ruangan seperti garden furniture atau teras akan mengalami kerusakan yang lebih cepat daripada furniture indoor. Kerusakan yang paling sering muncul adalah perubahan warna. Warna furniture akan menjadi belang, walaupun sebelumnya telah di finishing dengan stain yang berkualitas tinggi.

Hal ini juga terjadi ketika Anda memiliki furniture outdoor dari kayu laban. Kayu ini sering dipilih karena memiliki kelebihan yaitu anti rayap dan juga tahan terhadap api. Tak hanya sebagai furniture, kayu ini juga sering dimanfaatkan sebagai rangka atap rumah. Warna kayu sendiri sangat menarik.

Warna bagian teras dan juga gubalnya sangat kontras yang membuat banyak orang lebih memilih untuk mengaplikasikan stain terlebih dahulu. Namun jika digunakan sebagai furniture outdoor, lama-kelamaan belang antara warna gubal dan terasnya akan terlihat.

Bagian gubal lebih gelap dan terasnya sangat terang, tampilan belang sering membuat furniture tampak tak menarik lagi. Untuk itu, Anda harus segera melakukan perbaikan dengan menyamakan kembali warnanya. Bagaimana cara menyamakan warna kayu laban? Simak cara mudahnya disini.

Penyebab Belang pada Kayu Laban


Sebelum masuk ke dalam proses perbaikan warna, ada baiknya Anda mengetahui mengapa warna kayu bisa berubah. Perubahan warna ini terjadi sangat alami dan sebenarnya bisa dibuat lebih lambat terjadi jika menggunakan jenis cat yang baik. Artinya cat yang berkualitas sekalipun tetap tidak bisa menghindari perubahan warna.

Hanya saja, cat berkualitas setidaknya bisa menjaga warna tetap sama dalam beberapa tahun kedepannya. Nah berikut ini beberapa alasan mengapa warna cat bisa berubah dengan lebih cepat.

  • Stain yang digunakan berpigmen


Pigmen adalah bahan finishing yang banyak digunakan untuk cat duco. Namun jika jumlahnya dibatasi, bisa digunakan sebagai colorant pada sebuah stain. Jika sebelumnya Anda menggunakan stain dengan colorant pigment, maka perubahan warna seringkali terjadi. Hal ini disebabkan warna dari pigmen terbentuk dari partikel yang cukup besar, sehingga warnanya tak dapat menyerap ke dalam pori kayu. Sehingga akhirnya warna kayu laban akan mudah belang.

  • Terpapar Sinar Uv


Tahukah Anda bahwa sinar uv dari matahari adalah penyebab utama dari stain cepat memudar dan belang? Bahkan pada kasus yang lebih parah lagi, sinar uv akan merubah warna kayu. Kayu yang tak terlindungi dari lapisan coating akan terjadi proses oksidasi yang merubah warnanya. Kayu yang tadinya berwarna putih akan menjadi gelap dan sebaliknya. Walaupun beberapa orang akan menyukai efek patina yang muncul, namun jika Anda ingin mendapatkan warna kayu semula maka perlu segera memperbaikinya.

  • Menggunakan pernis berformalin tinggi


Bukan hanya warna dari stain atau kayu saja yang berubah, tetapi juga dengan pernis. Ketika sebuah pernis memiliki kandungan formalin yang tinggi, maka warna yang tadinya transparan akan berubah menguning. Ditambah jika sering terpapar sinar uv, efek menguning ini akan cepat sekali muncul. Tak ada solusi perbaikan lainnya selain Anda harus mengganti produk pernis tersebut dengan yang tak mudah menguning.

  • Terlalu Sering Digunakan


Gesekkan kulit atau benda lain seperti pakaian dimana Anda sering menggunakan furniture tersebut tentu akan membuat lapisan coating cepat memudar. Apalagi jika sering bersentuhan dengan keringat, maka warna akan berubah di beberapa bagian yang sering disentuh. Pertama kesannya akan sedikit antik, namun lama-kelamaan furniture berubah menjadi jelek.

Ketiga masalah di atas memang tak bisa dihindari dari sebuah furniture kayu laban yang diletakkan di luar ruangan. Oleh karena itu, jika Anda melihat sedikit warna belang, akan lebih baik jika segera memperbaikinya.

Cara Mudah Menyamakan Warna Kayu Laban


Ada dua cara mudah yang bisa Anda pilih untuk menyamakan warna ini. Semua tergantung dengan kondisi kerusakan warna yang muncul. Anda bisa mengulangi menambal bagian yang pudar warnanya atau mengganti warna sekaligus. Jika kerusakan dalam jumlah banyak, cara kedua perlu dipilih. Namun jika kerusakan hanya di beberapa bagian Anda bisa mengambilnya saja.

Kuncinya adalah pemilihan warna stain. Biasanya kayu laban memiliki warna yang mirip dengan jati. Jadi Anda bisa memilih warna jati dari Biovarnish liquid stain. Berikut ini cara menyamakan dengan dua cara yang berbeda.

Menyamakan Warna Kayu Laban Hanya Sebagian


Cara pertama adalah apabila kerusakan warna tidak terlalu parah. Misalnya saja, kerusakan haya terjadi pada siku furniture atau bagian yang sering digunakan. Kerusakan ini sangat wajar, namun Anda harus benar-benar menggunakan warna stain yang sama dengan bagian lainnya. Akan lebih baik jika Anda memilih warna dengan mencobanya pada bagian furniture yang tidak terlihat.

Jika sudah menemukan warna yang tepat, maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Amplas seluruh permukaan furniture kayu laban dengan kertas amplas nomor 180. Kemudian ganti dengan amplas nomor 220. Pastikan lapisan pernis di seluruh bagian sudah hilang, baru bersihkan dengan kain.

  2. Amplas lagi dengan amplas nomor 220 hanya pada bagian warna yang pudar. Amplas hingga bagian kayu terlihat jelas.

  3. Campurkan Biovarnish liquid stain warna yang tepat dengan kayu laban menggunakan air di wadah terpisah kemudian aduk hingga merata.

  4. Kuaskan dengan kuas kecil hanya pada bagian yang warnanya memudar. Ratakan di bagian sekitar dengan stain lama. Pastikan supaya warna sama dan tak terlihat bekas tambalan.

  5. Tunggu kering selama 60 menit kemudian amplas permukaannya secara ambang. Ulangi jika warna masih kurang terlihat sama.


Setelah warna Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish clear coat sebagai lapisan terakhir. Ada baiknya jika Anda mengaplikasikan stain tipis saja lapis demi lapis supaya warna yang didapatkan tepat.

Menyamakan Warna Kayu Laban Seluruh Bagian


Cara kedua ini bisa dilakukan apabila kerusakan warna sudah tidak dapat diperbaiki dengan cara pertama. Sebenarnya lebih mudah, karena Anda akan mengecat seluruh bagian. Hanya saja, warna yang dipilih harus sama atau lebih gelap dari warna stain sebelumnya. Alasannya adalah supaya warna yang didapatkan bisa lebih tajam.

Berikut ini langkah perbaikan warna yang bisa Anda dilakukan:

  1. Amplas seluruh permukaan kayu dengan amplas nomor 180 kemudian amplas nomor 220 secara merata.

  2. Campurkan Biovarnish liquid stain dengan air menggunakan warna yang lebih gelap. Aduk hingga merata kemudian kuaskan secara merata searah dengan serat kayu.

  3. Tunggu kering selama 60 menit kemudian amplas ambang, baru dibersihkan debunya.

  4. Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air dan aduk hingga merata. Kuas larutan sanding sealer searah dengan serat kayu merata ke permukaan kayu.

  5. Tunggu sanding sealer kering 60 menit kemudian baru amplas ambang dan bersihkan debunya.

  6. Larutkan Biovarnish clear coat dengan air kemudian baru aduk hingga merata. Diamkan furniture selama semalaman hingga mengering dengan benar.


Tambahan aplikasi sanding sealer adalah untuk menjaga supaya nantinya warna dari kayu laban tidak lagi berubah dan tahan terhadap sinar uv.