Sudah Benarkah Cara Anda Dalam Memilih Cat Untuk Finishing Kayu?

  • By Biovarnish - 07 Oktober 2019 - 11:39:30

 

Selama ini banyak orang memakai cat melihat dari tampilan yang dihasilkan saja namun tidak terlalu memperhatikan fitur-fitur dalam cat. Padahal fitur dalam produk finishing akan menentukan hasil akhir saat finishing. Hal ini banyak dilakukan oleh orang yang masih awam dalam mengaplikasikan produk finishing.

Untuk menciptakan kesan yang natural, plitur memang menjadi pilihan yang pas. Bahkan dari dulu hingga sekarang plitur masih diminati karena hasilnya yang tampak mengkilap indah. Sehingga wajar saja jika permintaan plitur semakin meningkat. Mungkin dahulu masih banyak orang yang menggunakan plitur dengan bentuh serpihan berwarna kuning keemasan, namun saat ini telah banyak plitur dengan tekstur liquid sehingga lebih mudah diaplikasikan.

Namun tidak semua plitur bisa digunakan untuk semua material furniture sehingga Anda harus lebih selektif dalam memilih plitur sesuai kebutuhan. Ada kalanya plitur menghasilkan tampilan yang indah saat diaplikasikan ke kayu namun hasilnya tidak akan maksimal jika diaplikasikan ke serat lainnya seperti bambu, rotan atau sejenisnya.

Sebelum membeli plitur, alangkah baiknya mengetahui plitur dan berbagai fungsi lainnya sehingga sesuai dengan yang Anda butuhkan. Apa saja yang harus dilakukan sebelum membeli plitur?

Pelajari Terlebih Dahulu Plitur yang Sesuai Dengan Kebutuhan


Banyak orang yang memilih plitur karena biasa digunakan oleh orang lain, namun ada kalanya sesuai rekomendasi dari penjual. Jika Anda belum mengetahui apa saja yang fitur plitur yang sesuai kebutuhan, bisa Anda tanyakan langsung ke penjual terlebih dahulu. Namun, untuk lebih baiknya mempelajari terlebih dahulu mengenai plitur sebelum memutuskan untuk membeli. Sedangkan untuk plitur telah banyak jenis merk yang beredar di pasaran.

  • Mengenali Fitur Unggul Plitur


Setiap merk plitur pasti memiliki keunggulan masing-masing dan ini sebaiknya dikenali terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Kenali fitur keunggulan merk plitur sehingga menemukan merk plitur yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan mengenali fitur keunggulan dari plitur, akan memudahkan Anda dalam aplikasi

  • Kenali Alat Yang Harus Digunakan


Ini penting sekali, sebab tidak semua jenis plitur bisa diaplikasikan dengan semua jenis alat seperti kuas, semprot maupun oles. Sehingga akan lebih baik jika Anda memutuskan alat apa yang digunakan. Untuk orang yang masih awam, lebih baik menggunakan kuas atau lap dengan kain karena aplikasi dengan alat tersebut lebih mudah sedangkan untuk aplikasi menggunakan semprot cukup sulit karena belum tentu tampilannya merata dengan baik

  • Mengetahui Teknik Finishing


Sangat penting sebelum membeli mengecek aturan pakai pada kemasan produk finishing. Karena tidak semua plitur harus sekali aplikasi namun ada pula yang berkali-kali aplikasi untuk hasil yang memuaskan.

  • Tentukan Hasil Finishing


Selain mengetahui teknik finishing, yang perlu diperhatikan adalah menentukan hasil akhir finishing. Tentukan apakah Anda menginginkan hasil finishing doff, matte atau gloss? Jika sudah menentukan tampilan furniture, maka Anda bisa memilih plitur berdasarkan tampilan yang diinginkan

  • Pilih Bahan Baku Plitur


Jika dahulu plitur hanya menggunakan resin dari tumbuhan yang berasal dari India, kini telah banyak dijumpai plitur dengan tekstur cair dan dikenal sebagai cat solvent based. Namun, saat ini juga telah diciptakan plitur dengan bahan dasar air. Jika Anda memilih cat solvent based maka yang Anda butuhkan adalah pelarutnya yakni thinner maupun spiritus. Dan sedangkan untuk cat water based hanya membutuhkan air sebagai bahan pelarut.

Jika Anda sudah mengetahui hal-hal yang perlu diketahui mengenai plitur sebelum membeli, sehingga akan memudahkan proses finishing selanjutnya. Pastikan untuk mengenali dengan baik mengenai plitur yang dibutuhkan agar hasilnya lebih maksimal, efektif ketika diaplikasikan dan tidak membuang biaya yang banyak.

Cat Kayu Yang Bagus Untuk Finishing Kayu


Dalam memilih cat kayu atau plitur, sebaiknya tidak hanya memilih sekedar tampilannya seperti yang sudah dijelaskan diatas. Baik cat solvent based maupun cat water based, teknik aplikasinya sama namun hasil yang ditampakkan berbeda. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing dalam masalah tampilan akhir. Namun, apakah cat yang memiliki kandungan yang aman digunakan?

Cat kayu dengan kandungan bahan yang aman mungkin cukup sulit dijumpai pada cat solvent based. Karena pada umumnya cat solvent based menggunakan bahan kimia yang cukup membahayakan kesehatan dan lingkungan. Selain itu, cat solvent based juga menghasilkan senyawa organik yang tidak baik yakni VOC yang sangat tinggi. VOC (Vehicle Organic Compound) merupakan senyawa organik yang sangat membahayakan jika lebih dari batas aman dan bisa menyebabkan berbagai kerusakan lingkungan salah satunya adalah menjadi penyebab bertambahnya lebar lapisan ozon.

Lalu bagaimana dengan cat water based? Meskipun hasil akhir cat water based tidak sebaik cat solvent based dalam hal tingkat glossy, namun cat water based jauh lebih aman digunakan. Selain itu, cat water based juga tidak menyebabkan gangguan kesehatan dan kerusakan lingkungan sehingga Anda pun bisa mengaplikasikan cat meskipun bersinggungan langsung. Berbeda cat solvent based, yang lebih membahayakan saat bersinggungan langsung dengan kulit seperti iritasi. Maka dari itu, saat mengaplikasikan cat solvent based sebaiknya untuk menggunakan pelindung diri seperti masker, sarung tangan dan lain sebagainya.

Biovarnish adalah cat water based yang sangat direkomendasikan karena memiliki fitur yang lengkap seperti bisa diaplikasikan dengan cara semprot, kuas maupun oles. Tidak hanya itu saja, karena memiliki daya rekat film yang kuat serta transparansi warna yang bagus sehingga cat ini sangat bagus diaplikasikan ke kayu, bambu, rotan maupun serat alam lainnya.

Selain memiliki fitur yang lengkap, Biovarnish juga pasti aman digunakan. Sebab, Biovarnish merupakan cat kayu yang terbuat dari water based acrylic yang sudah disesuaikan dengan standarisasi keamanan regulasi internasional seperti US Enviromental Protection Agency dan ECHA-Reach. Jadi, Biovarnish merupakan cat yang memiliki kandungan rendah VOC, tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan non-toxic.

Karena Biovarnish merupakan produk finishing yang aman dan ramah lingkunga, cat ini tidak hanya diaplikasikan pada furniture seperti kursi, meja, living room set, garden furniture dan lain sebagainya melainkan juga bisa diaplikasikan pada furniture bayi dan anak-anak, wooden toys maupun kitchenette. Yang mana kondisi bayi maupun anak-anak sangat rentan terhadap kandungan bahan kimia terutama jika bersinggungan setiap hari. Begitu pula pada furniture dapur yang bersinggungan langsung dengan makanan, jika menggunakan cat berbahan kimia berbahaya bisa memicu berbagai penyakit.

Untuk memberikan tampilan natural kayu, Biovarnish menawarkan berbagai varian produk finishing mulai dari base coat, main coat hingga topcoat yakni Biovarnish wood filler, Biovarnish wood stain dan Biovarnish clear coat. Namun, Biovarnish juga menawarkan produk finishing yang lainnya seperti Biovarnish liquid stan dan Biovarnish sanding sealer. Kedua produk finishing ini banyak dipilih oleh para aplikator karena lebih mudah diaplikasikan dan hasilnya pun maksimal.