Tampilan Mengkilap Miniatur Mobil Dengan Biovarnish Clear Coat Gloss

  • By Biovarnish - 28 Nopember 2019 - 20:19:31

 

Kerajinan kayu memang tidak akan ada habisnya terlebih miniatur tersebut merupakan miniatur dengan desain yang unik dan menarik perhatian banyak orang. Salah satu miniatur yang banyak diminati oleh banyak kalangan orang adalah miniatur mobil. Biasanya miniatur mobil ini mengusung tema-tema klasik yang mana desainnya unik dan memberikan kesan artistik.



Sedangkan kayu yang digunakan untuk miniatur kayu pun beragam namun biasanya kayu yang digunakan adalah kayu yang banyak ditemukan di lingkungan sekitar seperti kayu sengon, kayu mangga atau sejenisnya. Namun, apabila hasilnya ingin lebih bagus dan harganya melambung tinggi maka gunakan kayu jati yang mana kayu ini dikenal sebagai kayu dengan kualitas terbaik.

Sedangkan tampilan yang sering digunakan untuk miniatur mobil kayu adalah tampilan natural kayu. Tampilan ini lebih memberikan kesan yang natural dan menonjolkan serat dari kayu itu sendiri sehingga kayu yang digunakan merupakan kayu dengan serat yang bagus dan rapi. Nah, untuk menciptakan kesan natural kayu, pengrajin biasanya menggunakan plitur. Dahulu plitur yang banyak digunakan untuk finishing kayu atau media lainnya adalah plitur dalam bentuk serlak. Seiring perkembangan jaman, plitur yang banyak dijumpai saat ini adalah plitur dengan tekstur liquid atau cair sehingga lebih mudah diaplikasikan.

Memang plitur adalah cat kayu yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia, selain mudah diaplikasikan, plitur juga banyak ditemukan dengan berbagai merk di toko-toko cat di Indonesia. Plitur juga merupakan cat kayu yang awet digunakan dan memiliki tingkat glossy yang tinggi bahkan mencapai 100%. Plitur dengan tingkat glossy yang tinggi biasanya plitur dengan bahan dasar solvent atau cat dengan pelarut thinner, methanol maupun spiritus.

Tips Finishing Mudah Pada Miniatur Mobil Kayu


Untuk memciptakan tampilan natural kayu memang cukup hanya dengan plitur namun akan lebih baik jika langah-langkah aplikasi finishing harus dilakukan dengan benar dan tepat. Apabila cara aplikasi menggunakan plitur hanya dilakukan ala kadarnya atau dengan asal-asalan maka hasilnya pun tidak maksimal. Terlebih apabila plitur yang digunakan adalah plitur berbahan solvent maka harus memperhatikan tekanan saat mengaplikasikan kuas agar hasil warnanya rata dan rapi.

Berikut tips-tips mudah finishing pada miniatur mobil kayu:

  1. Sebelum miniatur tersebut dirakit sebaiknya kayu yang digunakan diamplas terlebih dahulu agar bersih dari kotoran. Permukaan media yang rata dan bersih akan mempermudah proses finishing

  2. Untuk hasil yang lebih baik, akan lebih baik jika Anda mengaplikasikan filler kayu untuk menutup pori-pori. Untuk pengaplikasian ini, sebaiknya dilakukan sebelum kayu dirakit sesuai dengan desain

  3. Apabila menginginkan pori-pori kayu terbuka, Anda bisa mengaplikasikan cat sebagai coloring. Sebaiknya perhatikan fitur cat sebelum digunakan dan pilih warna tampilan sesuai dengan yang diinginkan

  4. Aplikasikan topcoat agar hasil akhirnya menarik. Pada umumnya, miniatur mobil menggunakan tampilan glossy sehingga topcoat yang digunakan adalah varian gloss.

  5. Keringkan di bawah sinar matahari selama seharian hingga warna tidak lengket atau terangkat ketika disentuh.


Sebagai catatan, Anda bisa menggunakan metode kuas atau semprot agar hasilnya maksimal. Namun, agar cat bisa sampai ke celah-celah bagian miniatur sebaiknya menggunakan metode kuas. Nah, masalah yang sering dialami oleh pengrajin saat ini adalah saat pengeringan. Saat menggunakan cat berbahan solvent, sinar matahari sangat penting agar lebih cepat kering. Tidak perlu khawatir lagi, Anda bisa kok menggunakan cat yang tidak harus dikeringkan di bawah sinar matahari langsung melainkan di tempat yang teduh atau dalam suhu ruangan. Penasaran kan cat apakah yang tidak harus dikeringkan di bawah sinar matahari?

Cat Yang Aman dan Tidak Harus Dikeringkan Di Bawah Sinar Matahari




Pada umumnya, cat yang digunakan untuk melapisi kayu seperti pada miniatur mobil harus dikeringkan dibawah sinar matahari. Namun, saat ini ada juga cat yang tidak harus repot-repot dikeringkan dibawah sinar matahari loh melainkan cukup didiamkan saja. Bahkan waktu yang dibutuhkan agar cat tersebut kering kurang lebih satu jam, efisien waktu bukan? Dengan waktu yang singkat tentunya akan memberikan keuntungan bagi pengrajin.

Cat yang tidak harus dikeringkan dibawah sinar matahari langsung tersebut adalah cat dengan bahan dasar air. Cat tersebut cukup berbeda dengan cat berbahan solvent karena cat berbahan dasar air tidak harus menggunakan pelarut thinner atau sejenisnya untuk melarutkan cat melainkan hanya menggunakan air saja. Keunggulan lain dari cat berbahan dasar air adalah cat tersebut lebih tahan terhadap air dan tidak mudah luntur. Sedangkan kelemahan dari cat ini adalah tingkat kilap belum bisa mencapai 100% layaknya yang dihasilkan cat solvent based.

Salah satu cat berbahan dasar air yang sudah bisa dijumpai di Indonesia adalah Biovarnish. Cat ini merupakan cat khusus digunakan pada kayu dan naturl fyber dengan tampilan natural kayu. Terlebih cat berbahan dasar air ini juga memberikan penawaran dengan 20 varian warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Menariknya adalah Biovarnish menggunakan bahan-bahan yang aman dan tidak berdampak buruk pada kesehatan maupun lingkungan sebab bahan tersebut diformulasikan sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach.

Kandungan bahan yang terdapat pada Biovarnish sudah dipastikan aman dari bahan-bahan kimia berbahaya sehingga tidak hanya cocok digunakan untuk finishing kerajinan melainkan juga cocok untuk finishing baby furniture maupun wooden toys. Biovarnish merupakan cat yang rendah VOC sehingga tidak akan mengeluarkan senyawa berbahaya yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Dan karena kandungan senyawa organik ini lah, Biovarnish juga cocok digunakan untuk finishing kerajinan maupun furniture yang ingin diekspor ke luar negeri.

Pangsa pasar internasional merupakan terdiri dari berbagai negara-negara di dunia dan dominasi negara tersebut sangat memperhatikan kandungan bahan yang terdapat pada produk. Bahkan terdapat negara-negara yang melarang keras akan produk yang memiliki kandungan VOC yang sangat tinggi seperti di Amerika. Hal ini sejalan dengan gerakan penggunaan produk yang ramah lingkungan guna mencegah pengrusakan lingkungan yang diakibatkan oleh bahan-bahan kimia berbahaya.

Biovarnish juga menawarkan berbagai varian produk finishing natural kayu untuk mempermudah proses finishing diantaranya adalah Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Clear Coat, Biovarnish Wood Filler dan Biovarnish Glaze. Semua produk finishing tersebut merupakan cat yang menggunakan pelarut air sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan budget untuk pelarut seperti thinner atau sejenisnya.

Untuk mendapatkan produk yang aman dan ramah lingkungan ini, silahkan menghubungi kontak hotline yang tertera pada website ini. Atau kunjungi langsung Bio Office yang terletak di Yogyakarta, Jepara dan Cirebon. Gunakan sejak dini produk-produk yang aman dan ramah lingkungan untuk mengurangi kerusakan lingkungan.