Biovarnish. Cat Kayu Berbahan Dasar Air Yang Aman dan Ramah Lingkungan

  • By Biovarnish - 15 Mei 2019 - 01:38:03

 

Apa itu cat Biovarnish? Jika biasanya Anda masih menggunakan cat berbahan pelarut thinner dan sejenisnya, saatnya Anda beralih yang lebih ramah lingkungan yakni air, salah satunya cat Biovarnish.

Bahan finishing yang banyak tersebar di pasaran, pada umumnya menggunakan bahan pelarut oil atau berbahan solvent seperti thinner, methanol dan lain sebagainya. Kenapa cat membutuhkan bahan pelarut tersebut? Seperti halnya dengan nama bahannya yakni pelarut, bahan solvent based tersebut bertujuan untuk melarutkan cat sehingga memudahkan proses aplikasi serta meratakan warnanya ke seluruh permukaan secara merata dan tidak terlalu tebal.

Tampilan cat yang biasanya menggunakan bahan pelarut solvent based pada umumnya adalah cat kayu transparan. Untuk tampilan ini, tidak hanya bisa didapatkan dari cat berbahan solvent based saja melainkan dengan perkembangan teknologi, tampilan warna kayu transparan bisa didapatkan dari cat water based yakni cat yang menggunakan bahan pelarut air. Produk cat water based yang sangat cocok untuk mendapatkan tampilan kayu transparan diantaranya adalah Biovarnish. Produk cat water based ini sangat cocok untuk finishing furniture atau perabotan berbahan natural fyber karena daya rekatnya yang kuat dan tampilannya yang kuat sehingga akan menambah kesan natural, indah dan menawan.

Rangkaian produk Biovarnish sendiri terdiri dari beberapa rangkaian produk finishing diantaranya Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear coat. Seperti yang sudah disinggung diatas, Biovarnish ini sangat cocok diaplikasikan ke permukaan kayu, olahan kayu (seperti multiplek, veener, LVL, polywood), bambu dan bahan serat alam (seperti rotan, enceng gondok, pelepah pisan dll)

Menariknya, kali ini Biovarnish hadir dengan tampilan fisik yang jauh lebih ekonomis sehingga lebih praktis dan efisien. Anda tidak harus membeli Biovarnish dengan ukuran kiloan melainkan hanya dengan minican yakni sekisar 400g, maka Anda sudah bisa mendapatkan tampilan yang menarik.

KENAPA CAT WATER BASED JAUH LEBIH BAIK DARI CAT SOLVENT BASED?

Karena perkembangan teknologi dan pentingnya menjaga lingkungan, Biovarnish hadir dengan rangkaian produk yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan banyak dampak buruk pada lingkungan dan kesehatan. Adanya cat solvent based memang sangatlah membantu manusia untuk mendapatkan tampilan kayu pada perabotan, furniture atau bahan manufaktur bangunan terlihat natural dan tajam. Namun, setelah mengalami banyak penelitian ternyata kandungan cat solvent based ini sangat buruk bagi kesehatan dan lingkungan.

Kenapa demikian? Jadi, cat solvent based mengandung beberapa zat kimia yang cukup membahayakan kesehatan diantaranya adalah formalin. Sedangkan pada pelarutnya yakni thinner, biasanya mengandung lead yang dikenal dengan timbal. Dampak yang dirasakan dalam jangka pendek biasanya tidak cukup nampak namun jika dihirup dalam jangka panjang akan menimbulkan penyakit berbahaya seperti kanker atau bahkan kematian. Efek solvent tersebut bisa dirasakan langsung ketika memasuki ruangan yang mana akan tercium bau menyengat dan membuat orang dalam ruangan tidak nyaman. Hal ini dikarenakan karena gas yang menguap dari solvent tersebut atau bisa disebut juga dengan VOC (Vehicle Organic Compounds). Jika seseorang yang memiliki sensitifitas terhadap kandungan kimia atau bau yang menyengat pada umumnya akan berdampak pada mata perih, sesak nafas atau bahkan iritasi kulit. Dampak tersebut terjadi dalam jangka pendek, sedangkan untuk jangka panjang jika dihirup secara terus menerus maka bisa menyebabkan gangguan sistem syaraf, pencernaan, pernafasan, kanker maupun kematian karena efek karsinogenik dari bahan solvent tersebut.

Sedangkan dampak buruk dari efek solvent pada lingkungan juga membahayakan kelangsungan hidup makhluk, karena bisa menyebabkan polusi udara, tanah, air dan dampak yang sudah tampak adalah salah satu penyebab melebarnya lapisan ozon sehingga memberikan dampak pemanasan global. Hal ini dikarenakan kandungan organik yakni VOC yang menguap ke udara dalam jumlah yang berlebihan.

Maka dari itu, karena dampak panjang yang sangat membahayakan kesehatan dan lingkungan banyak ahli melakukan penelitian untuk menemukan bahan finishing yang jauh lebih ramah lingkunga diantaranya adalah cat water based salah satunya adalah Biovarnish.

Keunggulan Cat Kayu Water Based Biovarnish

Dibandingkan cat konvensional yang tersebar dipasaran, cat Biovarnish ini jauh memberikan keunggulan dari segi tampilan, kesehatan dan bahkan biaya. Salah satu yang paling menarik dari cat water based Biovarnish adalah meskipun menggunakan bahan dasar air namun tidak mudah blocking ketika tertuang air, berbeda halnya dengan cat konvensiobal yang sangat mudah blocking saat tertetes air. Untuk memberikan tampilan menarik dan berbagai hal lainnya,

berikut beberapa keunggulan yang terdapat pada Biovarnish:

  • Aman dan ramah lingkungan karena rendah VOC dantidak mengandung bahan kimia berbahaya

  • Good levelling dan anti brush marking (tidakmemberikan efek kuas ketika diaplikasikan)

  • Tidak berbau

  • Tidak beracun

  • Warna transparan yang bagus dan tajam

  • Mudah diaplikasikan

  • Bisa diaplikasikan dengan sistem kuas maupunspray

  • Tahan air dan cuaca

  • Mudah dibersihkan

  • Daya rekat bagus


Cara Aplikasi Biovarnish

Biovarnish merupakan cat water based yang ramah lingkungan dengan beberapa rangkaian finishing yakni wood filler, wood stain dan clear coat. Ketika rangkaian finishing ini sangat cocok untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal. Ketiganya merupakan komponen finishing yang sangat praktis untuk mendapatkan hasil warna kayu transparan. Berikut beberapa tips aplikasi Biovarnish:



  1. Bersihkan media dari berbagai kotoran yang menempel untuk memudahkan proses finishing. Jika perlu, amplas terlebih dahulu untuk meratakan media dan menghilangkan noda membandel atau sisa minyak yang masih menempel pada kayu.

  2. Campur Biovarnish Wood Filler dengan air secukupnya. Kemudian aplikasikan ke permukaan media hingga merata, Anda bisa menggunakan palet, pisau atau bahkan disemprot searah dengan serat kayu. Kemudian tunggu hingga kering, Anda tidak perlu mengeringkan langsung di bawah sinar matahari melainkan cukup diangin-anginkan saja. Kemudian setelah kering, amplas menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240. Pastikan amplas hingga halus dan serat kayu terlihat.

  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain. Pada tahap ini bisa dikatakan sebagai tahap pewarnaan, sebelum mengaplikasikan Biovarnish Wood Stain maka campurkan dengan air yakni 2 bahan: 1 air. Aduk hingga merata dan tercampur sempurna, kemudian aplikasikan keseluruh permukaan media menggunakan kuas ataupun disemprot. Kemudian keringkan di tempat teduh kurang lebih 15 menit. Apabila belum mendapatkan warna yang diinginkan, Anda bisa mengulangi tahap ini.

  4. Aplikasikan Biovarnish Clear coat untuk hasil akhir yang menawan. Pada tahap ini, campurkan Biovarnish Clear coat dengan air, kemudian aplikasikan seperti halnya pada tahap sebelumnya. Kemudian keringkan di tempat yang teduh selama over night.


Berbagai varian Biovarnish diatas adalah rangkaian bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan. Terlebih dengan hadirnya tampilan fisik minican membuat siapapun bisa menggunakan Biovarnish dengan maksimal dan lebih ekonomis. Hanya dengan ukuran 400gr maka Anda sudah bisa mendapatkan tampilan kayu transparan pada furniture maupun perabotan. Pastikan untuk selalu menggunakan bahan-bahan yang aman dan ramah lingkungan demi kesehatan dan lingkungan sekitar Anda.