Tahukah Anda Jika Biovarnish Produk Terbaik Pengganti Cat Kayu Avian?

  • By Biovarnish - 19 Mei 2020 - 05:41:10

 

Siapa yang tidak kenal dengan cat kayu Avian? Cat kayu ini sudah sangat familiar di telinga masyarakat dan bahkan harganya yang terjangkau. Hasilnya pun juga tidak mengecewakan dibandingkan cat kayu pada umumnya. Namun, cat kayu Avian merupakan jenis cat kayu solvent based sehingga membutuhkan pelarut organik seperti thinner, methanol atau spiritus agar cat kayu lebih encer dan menurunkan intensitas warna.

Perkembangan informasi dalam bidang finishing saat ini mulai mudah didapatkan dan tentunya perkembangan teknologi pun semakin canggih. Bahkan cat kayu yang selama ini dikenal masyarakat sudah dikatakan ´┐Żlama´┐Ż karena cat kayu tersebut masih menggunakan pelarut organik. Pasalnya, cat kayu berbahan dasar solvent juga cukup berbahaya bagi kesehatan karena memiliki kandungan senyawa kimia yang berdampak buruk lingkungan.

Di Amerika, penggunaan cat kayu solvent based mulai terkikis dengan cat kayu water based. Bahkan cat kayu water based mulai menguasai pasar setidaknya 80%. Angka ini menunjukkan bahwa peningkatan dalam penggunaan cat water based mulai banyak diminati oleh masyarakat dunia. Terlebih masyarakat dunia saat ini lebih concern terhadap penggunaan produk-produk yang ramah lingkungan untuk menjaga stabilitas alam.

Sedangkan di Indonesia, cat water based masih tergolong baru dan masih sedikit masyarakat yang menyadari keberadaan cat kayu yang satu ini. Sebaiknya, mulai menggunakan cat kayu yang ramah lingkungan seperti cat water based jika menginginkan berkurangnya polusi lingkungan yang selama ini bisa menyebabkan pemanasan global. Salah satu cat water based asal Indonesia yang memiliki kualitas terbaik untuk menggantikan Avian adalah Biovarnish. Sebab, cat kayu memiliki hasil tampilan natural kayu yang tajam namun aman digunakan. Biovarnish produk terbaik pengganti cat kayu Avian ini juga tergolong terjangkau dibandingkan cat water based yang lain.

Simak Juga :


Finishing Menggunakan Biovarnish Produk Terbaik Pengganti Cat Kayu Avian


Dari segi proses finishing, Biovarnish masih sama dengan halnya Avian atau cat kayu yang lainnya. Dan Anda pun tidak perlu bingung untuk mencari produk finishing di setiap tahapnya karena Biovarnish memiliki beberapa varian yang bisa Anda gunakan seperti Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarish Clear Coat. Semua produk finishing Biovarnish tersebut sangat tepat digunakan untuk finishing natural kayu dengan hasil yang tajam. Maka dari itu, Biovarnish produk terbaik pengganti cat kayu Avian dengan hasil yang optimal dan memuaskan.

teknik aplikasi finishing kayu dengan teknik semprot

Biovarnish bisa digunakan untuk finishing indoor maupun outdoor dan bahkan bisa menggunakan metode finishing kuas atau semprot. Nah, untuk mendapatkan hasil natural kayu yang optimal, berikut tahap finishing menggunakan Biovarnish:

  1. Persiapan



Persiapkan segala perlengkapan finishing seperti wadah, kuas atau spray gun, kertas amplas (sebaiknya gunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240 dan 400), produk Biovarnish dan air

Sebelum melakukan tahap finishing, sebaiknya amplas terlebih media finishing yang akan diaplikasikan cat agar hasilnya lebih halus.

  1. Proses Finishing





  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler terlebih dahulu untuk menyamarkan cacat kayu dan atau menutup pori-pori kayu. Setelah diaplikasikan, cukup diamkan di tempat yang teduh selama 20-30 menit. Kemudian amplas dengan kertas amplas alumunium oxide no. 240 hingga serat kayu terlihat

  • Pilih Biovarnish Liquid Stain dengan tampilan warna yang diinginkan. Larutkan terlebih dahulu dengan air sebelum diaplikasikan. Gunakan kuas atau spary gun ketika mengaplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Dan diamkan selama 60 menit lalu amplas ambang dengan kerta amplas alumunium oxide no. 400 apabila sudah kering sentuh

  • Gunakan Biovarnish Sanding Sealer untuk mempertajam coating sebelumnya. Larutkan air dan aduk hingga homogen. Semprotkan ke seluruh permukan kayu dan jika sudah diaplikasikan, diamkan selama 60 menit. Kemudian amplas dengan kertas alumunium oxide no. 400 apabila sudah kering

  • Gunakan Biovarnish Clear Coat dengan tampilan matte atau gloss. Dan gunakan pula BioCide SPF untuk melindungi kayu dari serangan jamur. Sebelum diaplikasikan, campurkan Biovarnish dan BioCide tersebut dengan air dan aduk hingga homogen. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu dan diamkan selama semalaman atau hingga kering sempurna untuk hasil optimal.


Simak Juga :